Cari apa bang/neng?

Analisis Pada Website Tokopedia.com



     Tokopedia.com merupakan sebuah toko online yang dimiliki oleh Indonesia. Website ini menjual berbagai macam barang elektronik,peralatan kantor dan peralatan rumah tangga, peralatan olahraga, kosmetik, perlengkapan bayi, dll. Tokodpedia.com memakai jenis bisnis Costumer to Costumer (C2C).Tokopedia dilengkapi dengan mesin pencari(search engine) yang akan memudahkan pencarian barang yang diinginkan, dan terdapat juga fitur direktori yang dapat dimanfaatkan sebagai catalog belanja. Tokopedia bekerjasama dengan agen pengiriman besar di Indonesia yang mempermudah untuk memeriksa status pengiriman barang. Tokopedia sendiri menjelaskan di situs mereka bahwa keuntungan bagi pembeli dengan pembayaran yang unik adalah proses verifikasi pembayaran yang instan, yang memungkinkan penjual lebih cepat menerima order dan barang yang dijual bisa lebih cepat sampai ke pembeli. Sedangkan untuk penjual, keuntungan yang ditawarkan adalah perluasan pasar pada para pengguna unik ini yang ingin membeli di berbagai merchant Tokopedia. Pilihan pembayaran baru selain yang sudah ada ini ingin memberikan transaksi online yang lebih cepat dan mudah. Situs ini beralamat di: PT Tokopedia Rukan Permata Senayan E8 Jl. Tentara Pelajar, Kebayoran Lama Jakarta Selatan 12210 Indonesia. Apa saja yang dijual? (based on directory/catalog):
  • Pakaian
  • Fashion & aksesoris
  • Kecantikan
  • Kesehatan
  • Rumah tangga
  • Dapur
  • Perawatan bayi
  • Handphone & tablet
  • Laptop & aksesoris
  •  Komputer & aksesoris
  • Elektronik
  • Kamera,Foto & Video
  • Otomotif
  • Olahraga
  •  Office & stationery
  • Souvenir,kado & hadiah
  • Mainan & hobi
  • Makanan & minuman
  • Buku
  • Software
  • Film,musik & game
Mengapa belanja di Tokopedia?
 
1. Pilihan barang lebih banyak Tokopedia diibaratkan sebagai sebuah mal, yang memungkinkan setiap pengguna membuka toko-online mereka dengan mudah bahkan gratis. Pilihan barang yang tersedia pun menjadi lebih variatif dengan adanya keberagaman ini.
2. Lebih aman Berbagai sarana penunjang dan sistem terpadu yang dimiliki Tokopedia mampu meminimalisir kekhawatiran Anda. Takut kartu kredit Anda disalahgunakan? Seluruh transaksi yang dilakukan di Tokopedia menggunakan transfer antar-rekening bank. Khawatir akan terjadinya penipuan? Rekening yang digunakan adalah rekening milik Tokopedia sebagai escrow-account. 
3. Mudah mencari barang yang diinginkan Tokopedia dilengkapi dengan mesin pencari yang akan memudahkan pencarian barang yang Anda inginkan. Gunakan juga fitur direktori yang dapat dimanfaatkan sebagai katalog belanja Anda.
4. Tracking Order Tokopedia terintegrasi dengan agen pengiriman besar di Indonesia yang mempermudah Anda untuk memeriksa status pengiriman barang Anda.
5. Komunitas jejaring sosial Tokopedia adalah mal online berbasis komunitas. Manfaatkan fitur-fitur yang dikembangkan untuk komunitas, seperti Talk About It untuk melihat produk apa yang sedang happening saat ini, dan Review untuk melihat kualitas produk dan reputasi dari para penjual.
6. Banyak beragam even menarik Secara berkala, Tokopedia mengadakan event-event menarik mulai dari menyediakan highlight barang-barang dengan potongan harga, hingga mengadakan event-event berhadiah.

Bagaimana menjadi pembeli dan cara transaksi di Tokopedia?
1. Mendaftar menjadi anggota Tokopedia
2. Pilih barang-barang yang Anda inginkan, masukkan ke Shopping Cart
3. Setelah selesai berbelanja, lakukan proses Check Out
4. Lakukan pembayaran ke nomor rekening Tokopedia
5. Jangan lupa melakukan konfirmasi pembayaran via situs Tokopedia
6. Tokopedia akan melakukan verifikasi konfrmasi pembayaran
7. Setelah pembayaran diterima, Tokopedia notifikasi kepada penjual
8. Pantau status pengiriman barang via fitur Tracking Order
9. Setelah barang diterima, lakukan konfirmasi penerimaan barang
10. Transaksi selesai
11. Anda juga bisa menuliskan review untuk produk yang Anda beli




        Teknik marketingnya: Tokopedia melakukan pembakuan nama domain dengan format http://namatoko.tokopedia.com, yang menurun juga ke tautan produk-produknya menjadi http://namatoko.tokopedia.com/product.pl?id-product. Dengan pembakuan tersebut toko-toko yang tidak memakai domainnya sendiri akan lebih terasa branding- nya. Untuk memicu pertumbuhan toko-toko, Tokopedia menerapkan directory toko yang diurutkan berdasarkan volume penjualan. Selain itu diperkenalkan juga featured shop yang akan mendapat spot khusus di halaman depan maupun directory, tapi sayangnya tidak (belum?) ada ketentuan baku mengenai pemilihan featured shop ini. Kemudian Tokopedia juga mengklaim telah mengembangkan SEO mereka sehingga diharapkan halaman-halaman toko maupun produk akan sering muncul dalam hasil pencarian lewat mesin pencari. Penjual bisa melakukan promosi barang-barang secara bergantian untuk dipajang di halaman 1 Tokopedia. Caranya penjual bisa melakukan Klik tombol Dink It, yang disediakan. Barang yang di-Dink it, akan ditampilkan di halaman 1, selama satu jam. Penjual hanya bisa melakukan Dink it ini untuk satu jenis barang. Proses Dink it bisa dilakukan lagi oleh penjual yang sama setelah 2 jam kemudian. Bisa dengan barang yang sama atau barang yang lain. Setelah memiliki bintang dalam jumlah tertentu sehingga bisa masuk daftar sebagai Featured Shop, penjual bisa mengikuti event-enent bazar yang digelar Tokopedia secara berkala. Namanya bazar maka barang yang diikutkan dalam bazar tersebut harganya harus didiskon. Barang yang diikutkan dalam bazar akan dipajang di halaman 1 Tokopedia. Produk-produk yang dipajang di Tokopedia, bisa langsung dilinkkan ke wall Facebook dan Twitter penjual. Caranya sangat gampang. Tinggal Klik logo Facebook dan Twitter lalu isi sandi masuk dan ijinkan Tokopedia bertaut dengan Facebook atau Twitter, maka secara otomatis produk akan diupload di dinding akun penjual. Segmen pasar: Menentukan kebutuhan pokok dari pembeli yang akan dilayani dan dipenuhi.Memilih kelompok pembeli tertentu sebagai sasaran dalam penjualan. Menentukan produk dan program pemasarannya. Mengadakan penelitian pada konsumen untuk mengukur, menilai dan menafsirkan keinginan, sikap serta tingkah laku mereka. Menentukan dan melaksanakan strategi yang paling baik, apakah menitikberatkan pada mutu yang tinggi, harga yang murah atau model yang menarik. memberikan kepuasan secara optimal kepada konsumen, serta dalam suatu upaya yang terkoordinir untuk memberikan kepuasan kepada konsumen sehingga tujuan dapat tercapai.
       Kelebihannya Proses transaksi antara penjual dan pembeli lebih aman karena setiap proses mengharuskan penjual dan pembelinya untuk melakukan konfirmasi, mulai dari konfirmasi pembayaran, konfirmasi pengiriman hingga konfirmasi bahwa barang telah diterima. Banyak cara untuk melakukan promosi yang tidak membutuhkan biaya, mulai dari website gratis, search engine organizer,komunitas jejaring sosial hingga berbagai event yang diadakan oleh tokopedia untuk membantu membernya promosi. Jenis barang yang beragam, tokopedia adalah kumpulan beragam toko online yang menjual berbagai macam barang. Kekuranganya: karena sistem yang digunakan tergolong masih baru, penjual masih banyak yang tidak mengikuti aturan untuk mengirim barang terlebih dahulu setelah pembeli mengirimkan uang ke pihak tokopedia, karena masih memegang prinsip tidak ada uang, tidak ada barang-barang yang dijual belum lengkap, dan tokpedia juga belum menerima etalase barang yang harganya 10juta keatas.
Customer to Customer

Baca juga: 5 model bisnis e-commerce di Indonesia http://id.techinasia.com/5-model-bisnis-ecommerce-di-indonesia/
Customer to Customer

Baca juga: 5 model bisnis e-commerce di Indonesia http://id.techinasia.com/5-model-bisnis-ecommerce-di-indonesia/
Customer to Customer

Baca juga: 5 model bisnis e-commerce di Indonesia http://id.techinasia.com/5-model-bisnis-ecommerce-di-indonesia/
Customer to Customer

Baca juga: 5 model bisnis e-commerce di Indonesia http://id.techinasia.com/5-model-bisnis-ecommerce-di-indonesia/
Customer to Customer

Baca juga: 5 model bisnis e-commerce di Indonesia http://id.techinasia.com/5-model-bisnis-ecommerce-di-indonesia/
Customer to Customer

Baca juga: 5 model bisnis e-commerce di Indonesia http://id.techinasia.com/5-model-bisnis-ecommerce-di-indonesia/
Customer to Customer

Baca juga: 5 model bisnis e-commerce di Indonesia http://id.techinasia.com/5-model-bisnis-ecommerce-di-indonesia/
Customer to Customer

Baca juga: 5 model bisnis e-commerce di Indonesia http://id.techinasia.com/5-model-bisnis-ecommerce-di-indonesia/

Ditulis Oleh : Unknown // 03.22
Kategori:

1 komentar:

  1. Analisis Pada Website Tokopedia.Com >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Analisis Pada Website Tokopedia.Com >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Analisis Pada Website Tokopedia.Com >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus

 
Diberdayakan oleh Blogger.